Halloween party ideas 2015

Bagi setiap muslim , tentu sangat akrab dengan satu lafadz yang senantiasa dibaca dalam ber­bagai aktivitas keseha­rian. Lafadz tersebut adalah: Bismillahirrahmanirrahim yang artinya “ Dengan Menyebut Asma Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang”.  Mengucapkan “Basmallah”  sangat dianjurkan ketika hendak memulai suatu urusan yang baik seperti makan, hendak minum, naik kendaraan, membaca Al Qur’an dan sebagainya. Rasulullah bersabda: Setiap perkara yang baik tidak dimulai dengan ‘Bismillahirrahmanirrahim’, maka ia terputus. (HR.  Al Khatib). Lihat Aqimusshalah hal. 215, As siraj Al Munir, jilid 3, hal 86.
Pada lafadz Rahman dan Rahim, meski keduanya berasal dari Asmaul Husna, namun masing-masing memiliki titik tekan yang berbeda. Rahman adalah cinta kasih Tuhan untuk menjadikan sesuatu kepada hamba-hambaNya; sedangkan Rahim adalah cinta kasih Tuhan untuk menyempurnakan segala apa yang diberikan kepa­da hamba-hambaNya.
Terlepas apakah Bismillah menjadi bagian dari surat Al Fatihah dalam Al Quran atau tidak; kalimat Bismillahirrahmanirrahim memiliki kedudukan yang sangat penting dalam ibadah shalat. Perbedaan ekspresi dalam mengucapkan Bismillah hanya pada masalah diucapkan (diartikulasikan) atau cukup di hati saja. Ada dua pendapat mengenai bacaan “bismillahirrahmanirrahim” disaat membaca surat Al Fatihah dalam shalat. Dibaca dengan suara jahar (keras) atau dibaca dengan suara sirr (pelan).
Pendapat yang membaca Basmalah dengan dijaharkan berasal dari riwayat Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah senantiasa menjaharkan Basmallah pada dua surat sampai dia wafat (HR Daruqutni). Lihat Sunan Daaruqutni, jilid I, juz I hal 304).
lengkapnya Dapatkan majalahnya di agen sirkulasi kami di kota anda atau toko buku Gramedia dan Gunung Agung)


 Atau berlangganan langsung disini

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.