Halloween party ideas 2015


Guru Besar Etika dan Humaniora ITB ini, dilahirkan di Cianjur, 18 Oktober 1944. Beliau menyelesaikan pendidikannya di Universitas Al Irsyad, Solo tahun1967. Kemudian, menyelesaikan pendidikan magister­nya di Institut Agama Islam Muhammadiyah Solo tahun 1969. Sedangkan gelar doktornya diraih di Insti­tut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam bidang ilmu agama Islam.

Saat ini, selain diamanahi sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung untuk ke lima kalinya, ketua Yayasan Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Pimpinan Pondok Pesantren Ad-Dakwah, beliau juga menjadi Ketua Majelis Syura Dewan Dakwah Islam (DDI) dan Komisaris Utama Biro Perjalanan Haji Safari Suci. Menurut beliau shalat khusyu’ adalah salah satu cara memperoleh kebahagiaan. Berikut Obrolan Al Khusyu’ di ruangan kerja beliau, seputar shalat dan Pelatihan Shalat Khusyu’.

Seperti apakah shalat yang khusyu’ menurut pak Kiyai?
Menurut Al Quran seseorang itu akan memperoleh kebahagian kalau dia beriman dan shalatnya khusyu’, dalam Al mukminun itu dikatakan, “sukses dan bahagia orang orang yang beriman yang shalatnya khusyu”. Jadi khusyu itu merupakan salah satu cara bagaimana kita memperoleh kebahagiaan, secara rasional itu dimungkinkan karena dengan khusyu’, kita melupakan kegiatan kegiat­an dunia yang sering membuat resah dan gelisah, untuk itu kita konsentrasi untuk bertasyakur dan tadabur.

Sebenarnya khusyu’ itu bisa enggak di pelajari?
Ya bisa dipelajari dan di latih. Dipelajari dalam arti; Salah satu cara memperoleh kekhusyu’an itu kita  harus mengetahui arti dan makna dari bacaan shalat, untuk itu ya kita harus belajar. Yang kedua mempelajari bagaimana kita mengikuti shalat  sesuai dengan sunnah, ketentuan Rasul. Tapi lebih dari itu adalah  tingkat penghayatan, jadi tidak hanya tahu secara fikih tapi juga mampu menghayati. Untuk bisa menghayati ini perlu riyadho, perlu latihan, perlu kebiasaan, tidak mungkin baru pertama shalat langsung  khusyu’, tapi harus terlatih dan di perjuangkan hingga terbiasa dan akhirnya bisa menemukan kekhusyukan itu

 Dapatkan majalahnya, untuk pemesanan hubungi  (021) 8497 8836 atau Sirkulasi dan agen terdekat dikota Anda dan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

Atau berlangganan langsung disini

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.