Halloween party ideas 2015

 Oleh : Abu Raihan Al Banjari
(dr. Mohammad Rudiansyah, MKes, SpPD) *


“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang  demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’. (Yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. (QS. Al Baqarah, 2: 45-46)

Firman Allah di atas menunjukkan janji Allah bahwa sabar dan shalat menjadi penolong kita. Penolong dapat sebagai penyembuh, penawar atau obat bagi orang yang sakit. Tidak susah melakukannya bagi orang-orang yang khusyu.  Shalat bagi kaum muslim merupakan salah satu Rukun Islam yang kedua dan tiang  agama yang dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Shalat merupakan suatu aktivitas jiwa (soul) yang termasuk dalam kajian ilmu psikologi transpersonal, karena shalat adalah proses perjalanan spiritual yang penuh makna yang dilakukan manusia untuk menemui Tuhan Semesta Alam (mi’raj nya kaum mukminun).
Shalat dapat menjernihkan jiwa dan mengangkat pelaku shalat tersebut untuk mencapai taraf kesadaran yang lebih tinggi (altered states of consciousness) dan pengalaman puncak (peak experience). Orang yang shalat dengan khusyu’ ingin ketemu Allah, ketemu yang paling dicintai. Bagi orang yang sangat mencintai seseorang, pasti tidak ingin berbuat yang tidak disenangi oleh orang yang dicintainya. Bagi orang yang sangat mencintai Allah, pastilah tidak ingin berbuat yang tidak disenangi Allah sehingga tercegah dari perbuatan keji dan mungkar.

Orang yang melakukan shalat dengan tenang dan rileks akan menghasilkan ener­gi tambahan dalam tubuhnya, mampu mengembalikan produksi endorphin di otak yang  menimbulkan rasa senang, bahagia serta juga mampu menurunkan kadar kortisol dalam  darah. Endorphin merupakan neurotransmiter yang mirip opiat sehinggi menimbulkan suatu euforia dan ketagihan. Hal ini juga membangkitkan sistem imun, meningkatkan dan mengaktifkan makrofag, sel NK (Natural Killer) dan sel-sel lain yang bertanggung jawab terhadap sistem kekebalan tubuh seperti lekosit dan limfosit.

Dapatkan majalahnya, untuk pemesanan hubungi  (021) 8497 8836 atau Sirkulasi dan agen terdekat dikota Anda dan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

 Atau berlangganan langsung disini

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.