Halloween party ideas 2015

 Keberadaan Little Madinah memiliki latar belakang yang tak lepas dari sejarah panjang kehidupan Rasulullah Muhammad SAW. Perjalanan Rasulullah SAW dalam merombak peradaban jahiliyah sangat berat dan mengalami tentangan yang sangat luar biasa dari orang-orang kafir Quraisy. Rintangan hebat tersebut menjadi salah satu dasar hijah beliau dari Mekkah ke Madinah.

Hijrah dilakukan secara bergelombang. Dalam perjalanan yang menempuh medan berat itu, banyak sahabat mengalami ujian. Bagi sahabat yang imannya masih setengah-setengah, pastilah akan mundur. Sementara sahabat yang imannya teguh, jarak ratusan kilometer tak membuat mereka gentar dan kembali pada kekafiran.

Ternyata, tanpa disadari, hijrah menjadi proses seleksi dalam kerangka rekrutmen keimanan, kesadaran, dan kecintaan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Sebab, seleksi tersebut tak berhenti pada perpindahan jasad dari Mekkah ke Madinah, melainkan juga menyentuh aspek keimanan. Hijrah juga dapat menjawab tujuan utama sahabat, apakah demi wanita, harta, atau Allah SWT dan Rasulullah SAW.
Seleksi alami tersebut ternyata mampu menciptakan energi luar biasa, menjadi modal bagi pembentukan masyarakat madani dan peletak dasar peradaban baru. Di mana peradaban tersebut berasal dari tuntunan Al-Qur’an. Energi itu menyebar ke seantero bumi hingga masa kita hari ini.

Rasulullah SAW telah meletakkan tatanan di mana ruh masyarakatnya diliputi keimanan kepada Tuhan Semesta Alam. Bukan sebuah organisasi yang hampa akan nilai-nilai ketuhanan. Perilaku masyarakatnya sesuai dengan teladan Nabi Muhammad SAW.   

Islam mengajarkan bahwa tatanan masyarakat dibangun dari dalam masjid. Di dalam masjid terdapat ”pertemuan-pertemuan” rutin antara manusia dengan Allah SWT dalam bentuk shalat lima waktu dan sunnah. Aktivitas inilah yang diharapkan juga tercermin dalam hubungan antara manusia dengan sesamanya.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.