Halloween party ideas 2015

Setiap mukmin tentu menyadari, bahwa manusia  adalah makhluk yang lemah, tidak berdaya dan  tidak memiliki kekuatan apa-apa. Kekuatan itu ada karena Allah memberikannya. Dialah Allah Yang Maha Besar, maha menguasai alam semesta beserta seluruh isinya. Nah, sikap hamba yang pasrah, dengan menyerahkan dan menyadarkan segala urusan kepada Allah, adalah sikap utama dalam islam.
 
Dalam islam, sikap pasrah, yang dibarengi kesadaran akan keagungan dan kebesaran Allah, lazim disebut dengan Takbir.  Dan simbol takbir disampaikan dengan mengucapkan kalimat Allahu Akbar; yang artinya Allah  Maha  Besar. Kalimat Takbir terdiri dari dua kata, yaitu kata Allah  dan kata Akbar. Lafadz Allah merupakan salah satu  dari nama-nama Tuhan. Asma Allah adalah lafadz yang disebut sebagai 

‘Ismul’jami’, yang berarti nama yang mengumpulkan. Kalimat ini berfungsi mengumpulkan atau memuat seluruh asma-asma Allah yang lain. Sedangkan lafadz Akbar, yang juga merupakan salah satu dari Asmaul Husna adalah kata yang berbentuk Tafdil atau Superlatif yang berarti Maha  Besar.
 
Dengan mengatakan bahwa hanya Allah semata yang Maha Besar, maka secara langsung, ungkapan ini meniadakan setiap perasaan atau kesadaran diri yang merasa besar, hebat, atau apa pun yang menunjukan kebesaran. Dari Takbir pula menegaskan bahwa kita sama sekali diharamkan untuk sombong, angkuh atau membanggakan diri. Takbir berasal dari kata kabbara-yukabbiru-takbiran. Sedangkan kata takabbur berasal dari kata takabbara-yatakabbaru-takabbaruran, artinya merasa paling besar atau sombong. 

Dan sifat ini tidak boleh dimiliki oleh manusia kecuali hanya Allah saja yang berhak untuk membanggakan dirinya atas seluruh kekuasaanNya yang memang Dia ciptakan. Allah menuntun kita untuk menyadari akan hal ini dengan melakukan takbir dalam shalat. Agar kita menjadi orang yang selalu merendahkan hati terhadap Allah yang pada akhirnya berimplikasi  terhadap sesama................

Untuk lengkapnya, dapatkan majalah Al Khusyu' volume 1 disini (Isi Formulir Belanja) atau hubungi agen sirkulasi terdekat atau telpon langsung ke:
Jln Kemang Sari IV No 5 Jatibening Baru Pondok Gede Bekasi
Telp 021-849 78843 / 021-849 78836

Posting Komentar

  1. Allahuakbar.....Maha Besar Engkau Ya Allah

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.