Halloween party ideas 2015


Ustad saya ingin menanyakan tentang ilmu laduni. Selama ini saya mendengar bahwa orang yang memperoleh ilmu laduni akan menjadi sakti, ucapannya akan menjadi sabda, bahkan keramat. Apakah benar begitu?
Ilmu laduni diambil dari kalimat minladunna ilman, yaitu ilmu yang berasal dari sisi kami (Allah). Ilmu laduni tercatat dalam al Quran, “Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba kami, yang telah kami berikan kepadanya rahmat dari sisi kami, dan yang telah kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi kami  (QS Surat Al-Kahfi: 65-68)


Menurut ahli tafsir, yang dimaksud dengan hamba dalam ayat tersebut adalah Nabi Khidhr alaissalam, dan yang dimaksud dengan rahmat adalah wahyu dan kenabian. Sedangkan, ilmu yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah ilmu tentang yang ghaib, seperti yang tercatat dalam ayat selanjutnya (ayat 66-82) dalam surat yang sama, tentang kisah Nabi Musa dan Nabi Khidhr.


Dalam ayat tersebut, Nabi Musa memprotes perilaku Nabi Khidhr yang dinilainya telah berbuat kesalahan besar, dengan melubangi perahu dan membunuh anak kecil, juga Nabi Musa bertanya-tanya untuk apa mendirikan dinding rumah yang hampir roboh. Nabi Khidhr melakukan tindakan ini berdasarkan ilmu yang diberikan Allah, mengetahui kejadian di masa datang. Perahu sengaja dilubangi dan dibiarkan tenggelam, karena perahu itu milik orang miskin, jika dibiarkan akan dirampas oleh raja lalim. Anak kecil itu dibunuh karena kelak ketika dewasa akan menyesatkan orangtuanya yang saleh, sedangkan dinding yang hampir roboh didirikan, karena milik anak yatim yang di bawahnya tersimpan harta benda untuk anak yatim tersebut sebagai rahmat dari Allah


nilah ilmu laduni atau ilmu mukasyafah yang diberikan oleh Allah pada orang orang tertentu, seperti nabi Khidhr. Ilmu ini bukan hasil dari mempelajari sesuatu dalam satu bidang ilmu, tapi merupakan ilham yang diletakan di dalam jiwa orang mukmin yang hatinya bersih. Orang yang jiwanya bersih diberi kefahaman oleh Allah untuk menangkap suatu kejadian yang sedang dan akan terjadi. Jiwa yang bersih dapat melakukan komunikasi kepada sumber ilmu, yaitu Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu.

Untuk lengkapnya, dapatkan majalah Al Khusyu' volume 1 disini atau hubungi agen sirkulasi terdekat atau telpon langsung ke Shalat Center (021) 8497 8836

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.